Posted by : Unknown Selasa, 11 Agustus 2015



         Gambaran umum mengenai kondisi ekonomi masyarakat desa Terban, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang dapat dilihat dari sumber daya yang ada seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya kelembagaan.
Kondisi sumber daya alam desa Terban memberikan pengaruh terhadap kehidupan dan penghidupan serta kelangsungan kehidupan masyarakat di satu wilayah desa tersebut. Sumber daya alam yang dimiliki desa Terban adalah berbentuk hamparan persawahan yang merupakan lahan pertanian yang sangat baik dan subur yang ditanami berbagai jenis tanaman diantaranya padi, jagung, dan lain-lain. Terdapat pula banyak pohon bambu yang dimanfaatkan warga untuk menambah penghasilan ekonominya.
            Sedangkan untuk sumber daya manusia desa Terban, mayoritas masyarakat bekerja di bidang pertanian, baik itu pemilik sawah yang mengelola sawahnya sendiri, atau pun menggarapkan sawah warga lain bagi yang tidak mempunyai lahan sawah. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki oleh masyarakat. Selain pertanian, masyarakat desa Terban juga mempunyai kegiatan berkebun yaitu kebun jagung, berternak sapi, kambing dan ayam, serta berdagang. Salah satu kegiatan tambahan yang hampir dikerjakan oleh setiap warga desa Terban adalah memanfaatkan bambu yang terdapat di wilayah desa Terban menjadi kerajinan anyaman bambu. Anyaman bambu tersebut menjadi produk yang dijual untuk menghasilkan pendapatan yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian setiap warga desa Terban. Di sektor peternakan, banyak masyarakat desa Terban memiliki sapi, kambing atau pun ayam yang digunakan sebagai investasi.
            Disamping memiliki mata pencaharian sebagai petani, peternak, dan pedagang, terdapat pula beberapa warga yang berprofesi sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil). Dari satu wilayah desa Terban, tidak lebih dari 10 (sepuluh) warga yang menjadi PNS. Sebagian kecil masyarakat desa Terban juga ada yang bekerja sebagai karyawan swasta atau buruh pabrik di luar kota.

             Untuk membantu mengatasi permasalahan ekonomi masyarakat desa Terban, terdapat upaya-upaya yang dilakukan baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat itu sendiri dalam rangka menumbuh kembangkan perekonomian desa antara lain dengan adanya  pemberdayaan dan pembinaan kelompok tani. Dari 4 (empat) dusun di desa Terban yaitu dusun Senggrong, dusun Sawur, dusun Klodran, dan dusun Terban, masing-masing dusun memiliki kelompok tani yang dikelola oleh masyarakat dusun tersebut. Seperti contohnya kelompok tani di dusun Terban yang melakukan pemberdayaan hewan ternak. Hasil dari pemberdayaan tersebutlah yang dapat membantu meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat desa Terban.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Terban - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -