Posted by : Unknown Selasa, 11 Agustus 2015



Desa Terban Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang memiliki potensi-potensi ekonomi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi. Desa ini terdiri dari empat dusun yaitu, Dusun Senggrong, Dusun Klodran, Dusun Sawur, dan Dusun Terban. Potensi-potensi ekonomi di desa ini sendiri meliputi bidang pertanian, perkebunan, maupun peternakan. Selain itu juga, desa ini memiliki potensi ekonomi yang berasal dari bambu yakni kerajinan bambu atau “tenggok”.

Potensi ekonomi pada bidang pertanian dan perkebunan terdiri dari padi, jagung, singkong, pepaya, tomat, kelapa, dan lain-lain. Sedangkan bidang peternakan terdiri dari ternak, sapi, ternak kambing, ternak domba, ternak ayam, maupun ternak bebek. Sementara pada kerajinan bambu menghasilkan berbagai macam produk di antaranya besek, tompo, kalo, tenggok, dan lain sebagainya
Hasil pertanian dan perkebunan pada desa ini dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai macam produk. Produk olahan hasil pertanian dan perkebunan desa ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa. Produk-produk yang dapat dihasilkan berupa bahan pangan, buah-buahan, dan pakan hewan ternak. Bahkan sisa olahan padi maupun batok kelapa dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak sehari-hari.
 Hasil peternakan dapat dimanfaatkan baik untuk konsumsi pribadi maupun dijual ke pasar. Selain itu, kotoran hewan ternak juga dapat diolah menjadi pupuk sehingga dapat menyuburkan dan memaksimalkan hasil pertanian maupun perkebunan. Sementara itu, kerajinan bambu juga dapat dikembangkan menjadi produk-produk yang memiliki nilai jual tinggi seperti kap lampu hias, pigura, dan hiasan ruangan lainnya.

Potensi-potensi ekonomi yang ada di Desa Terban, didukung dengan adanya pasar yaitu Pasar Wates yang berada di sekitar perbatasan antara tiga desa. Pasar ini merupakan pusat jual-beli masyarakat antar desa yakni Desa Terban, Desa Sumberejo, dan Desa Karanggondang. Dengan adanya pasar ini, diharapkan dapat memperlancar kegiatan ekonomi desa. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

            Desa Terban memiliki potensi-potensi ekonomi yang sangat bermafaat bagi kehidupan maupun pertumbuhan ekonomi. Agar potensi-potensi yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal, masyarakat desa harus memiliki pemahaman tentang bagaimana mengelola potensi yang ada dan bagaimana cara melestarikannya. Dengan adanya pemahaman ini, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pada akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Terban.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Desa Terban - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -